Alhamdulillah pada hari Rabu, 3 November 2021 telah terlaksana sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar untuk seluruh guru di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer 1 pada pukul 13.00-14.30 WIB. Kegiatan diawal yaitu memaparkan terkait Portal Rumah Belajar. Aplikasi atau portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) sejak tahun 2011 dengan alamat url https://belajar.kemdikbud.go.id
Banyak sekali fitur fitur yang disediakan oleh Rumah Belajar. Fitur utama Rumah Belajar antara lain: Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. 

    Dalam kegiatan sosialisasi ini, saya memaparkan dan berbagi informasi terkait Rumah Belajar dan fitur fitur yang ada. Saya juga meminta seluruh Bapak Ibu guru untuk mendownload dan menginstal aplikasinya melalui smartphone miliknya, kemudian saya juga memberikan konsep atau bagaimana cara mengimplementasikan dalam pembelajaran dikelas menggunakan aplikasi Rumah Belajar.  Bapak Ibu guru yang mengikuti sosialisasi ini terlihat bersemangat dan merasa senang. Selain itu, dalam kesempatan sosialisasi Rumah Belajar, saya juga memaparkan dan berbagi informasi tentang Radio Edukasi. Radio Edukasi adalah sebuah stasiun radio yang dimiliki oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang menyajikan komposisi acara pendidikan; berupa berita pendidikan, acara hiburan, dan pendidikan. Saya juga berbagi informasi bagaimana cara saya mengimplementasikan Radio Edukasi dikelas yang saya ajar.
Harapannya dalam kegiatan sosialisasi ini adalah dapat menambah wawasan atau ilmu yang bermanfaat untuk seluruh Bapak Ibu guru agar dapat menerapkan pembelajaran yang menarik dan interaktif dikelasnya sehingga pelajarannya di sukai oleh seluruh siswa, misalnya dengan menerapkan pembelajaran menggunakan Rumah Belajar dan Radio Edukasi sebagai sumber belajarnya. (03/11/2021)

Poster Kegiatan Sosialisasi