Alhamdulilah telah terlaksana pembelajaran Bahasa Inggris yang interaktif untuk
kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Seperti yang kita ketahui bahwa
Pembelajaran interaktif merupakan interaksi antara siswa dan siswa atau siswa
dengan guru untuk menganalisis, memecahkan masalah, menggali atau mendiskusikan
topik atau permasalahan tertentu. Menurut Syah (1998) proses belajar mengajar
keterlibatan siswa harus secara totalitas, artinya melibatkan pikiran,
penglihatan, pendengaran dan psikomotor (keterampilan, salah satunya sambil
menulis).
Pembelajaran interaktif yang saya terapkan dalam mengajar Bahasa
Inggris Chapter 4 dengan tema “Come to my birthday, please!” menggunakan Radio
Edukasi. Siswa di fokuskan agar dapat berkomunikasi untuk mengajak atau
mengundang sesorang untuk melakukan sesuatu dalam Bahasa Inggris. Radio Edukasi
merupakan sebuah stasiun radio yang dimiliki oleh Balai Pengembangan Media Radio
Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik
Indonesia. Saya mengaplikasikan pembelajarn ini dengan mengambil audio yang
telah disedikan didalam Radio Edukasi. Saya mendownloadnya pada menu E A R
(English Audio Resources) dengan tema Can You Come to the Meeting Today? Dengan
6 track yang tersedia.
Pembelajaran yang saya terapkan dilaksanakan dalam system hybrid learning karena
disekolah saat ini menerapkannya dimasa Pandemi. Saya memberikan link google
meet kepada siswa yang kemudian siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran,
saya memberikan materi terlebih sebelumnya dan siswa aktif bertanya.
Selanjutnya, siswa diperdengarkan audio di track 1 audio untuk menambah
pemahaman materinya. Kemudian pada track 2 audio, siswa diminta mengerjakan kuis
pada lembar jawab yang telah saya sediakan. Di akhir pembelajaran, siswa aktif
menjawab dan berdiskusi baik dirumah maupun disekolah terkait track 1 dan track
2 yang telah diperdengarkan. Siswa terlihat antusias dan aktif namun ada
beberapa siswa yang masih kesulitan dalam memahami ucapan yang ada di dalam
audionya.
Harapannya semoga pembelajaran ini dapat dikemas lebih interaktif,
lebih menarik untuk diikuti oleh siswa dan dapat menjadi referensi guru lain
dalam mengajar dikelas. (02/11/2021)
0 Komentar